Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Rabu, 25 Juni 2014

Cara buat Pakan Alami dan Buatan untuk Ternak Jangkrik

Pakan alami jangkrik yang berupa sawi putih, sawi hijau, terung, gambas, kacang buncis, kacang tanah, kacang panjang, dan wortel juga harus disiapkan. Pakan tidak boleh mengandung pestisida, oleh karena itu harus dicuci bersih sebelum digunakan. Pakan jangkrik pada prinsipnya harus mengandung beberapa vitamin, mineral, karbohidrat, dan protein. Pakan alami dan tempat peneluran jangkrik Pakan alami dan tempat peneluran jangkrik Selain pakan alami, di dalam kandang juga perlu dilengkapi dengan seresah atau kertas bekas tempat telur ayam sebagai tempat persembunyian, pasir halus tempat peneluran, dan pakan buatan untuk anak jangkrik Pakan buatan diberikan khususnya pada jangkrik yang baru menetas atau yang masih berumur 1-20 hari. 

Pakan buatan berupa tepung campuran antara jagung, kedelai, dan kacang hijau dengan perbandingan 2:1:1. Pakan buatan ini adalah pakan yang secara sederhana dapat dibuat sendiri dengan mudah. Cara membuatnya: Jagung, kedelai, dan kacang hijau digoreng tanpa minyak selama 15 menit dengan nyala api kecil atau disesuaikan agar tidak gosong. 

Kemudian didinginkan pada suhu kamar. Selanjutnya, ditumbuk hingga halus dan dicampur dengan susu bubuk untuk bayi sebanyak dua sendok makan untuk setiap 250 gram tepung. Pakan buatan siap diberikan pada anak jangkrik. Selain pakan buatan, pakan alami harus tetap diberikan. Ketika jangkrik berumur 21-40 hari maka perlu ditambahkan minyak ikan dengan cara dua butir minyak ikan dilarutkan dalam air dan disemprotkan pada daun sawi hijau dengan menggunakan sprayer, penyemprotan diusahakan tidak terlalu basah. Tambahan pakan alami berupa kecambah kacang hijau sangat baik diberikan pada jangkrik setelah umur 40 hari. 

Hal tersebut bertujuan untuk menambah kemampuan bereproduksi dan pembentukan sistem kekebalan tubuh. Menurut penelitian yang seksama, sebenarnya telah ditemukan resep pakan jangkrik yang ideal yang terdiri atas campuran kasein, aphacel, dextrose, garam campuran, dan kolesterol yang ditambah dengan vitamin B campuran, E, dan K1. Adapun perbandingan antar bahan pakan tersebut adalah seperti yang tertera pada tabel berikut. Komposisi pakan buatan untuk jangkrik Komposisi pakan buatan untuk jangkrik Komposisi pakan pada tabel tersebut perlu ditambah dengan vitamin-B campuran (10 ml), vitamin E (1 ml), dan vitamin K1 (ml). 

Garam campuran terdiri atas NaCI (105 g), KCI (120 g), KH2PO4(310 g), CaHPO4 (148,3 g), CaCo3 (210 g), MgSO4 (90,5 g), FePO4.4H2O (14,7 g), MnSO4.H2O (0,23 g), ZnCO3 (0,55 g), dan CuSO4 (0,72 g). Vitamin B-campuran terdiri atas Thiamin HCI (1,2 mg), Riboflavin (1,8 mg), Nicotinic acid (10 mg), Pyridoxine HCI (1,6 mg), Ca panthothenate (4 mg), Choline chloride (100 mg), Inositol (200 mg), p-Amino-benzoic acid (5 ml), Folic acid (0,5 mg), dan Biotin (0,06 mg). Cara membuat pakan tersebut adalah sebagai berikut: Letakkan kasein, dextrose, dan garam pada mortar dan campurlah hingga merata. Tambahkan vitamin b-campuran dan aduk hingga merata. Campuran bahan yang ada di mortar dipindahkan ke atas kertas saring, letakkan tersebar di atas kertas dan biarkan sampai mengering (biasanya selama 2 jam). 

Kalau sudah kering, masukkan lagi pada mortar dan gerus hingga homogen. Tambahkan alphacel dan aduk. Tambahkan chloroform, vitamin E, dan vitamin K1 selanjutnya aduk hingga merata. Pindahkan lagi campuran bahan yang ada di mortar ke atas kertas saring, letakkan tersebar di atas ker­tas dan biarkan sampai chloroformnya habis menguap (biasanya selama 2 jam). Pakan siap diberikan pada jangkrik. Apabila kelebihan, pakan dapat disimpan dengan cara memasukkan pakan pada wadah dan simpan di refrigerator pada suhu 5 °C. 

Sewaktu-waktu membutuhkan pakan tinggal mengambilnya dari dalam refrigerator. Di pasaran internasional, sudah dijual pakan buatan un­tuk jangkrik, salah satu contoh adalah produk pakan buatan untuk jangkrik yang diproduksi oleh superfoods Pakan buatan tersebut mengandung nutrisi, mineral, protein, dan vitamin yang seimbang untuk jangkrik. Menurut iklannya, kalau menggunakan pakan tersebut maka tidak perlu lagi memberikan tambahan pakan lain -


Tidak ada komentar:

Posting Komentar